Cara Mendapatkan Jodoh Wanita Shalihah

Posted on 24 views

TANYA: Bagaimana caranya mendapatkan jodoh wanita solehah (istri salehah) pada zaman sekarang ini. Aku takut tergelincir dosa bila terus hidup sendiri? Padahal aku sudah berdo’a dan berusaha?

JAWAB: Dua cara yang sudah Anda tempuh, yakni doa dan usaha (ikhtiar), sudah benar.

Anda harus memaksimalkan ikhtiar dan doa Anda. Minta pula doa kepada kedua orangtua, orang-orang saleh, dan ahli ibadah.

Bergaulah dengan orang-orang saleh! Masuklah ke lingkungan mereka.

Mudah-mudahan Anda mendapatkan jodoh yang salehah. Jangan lupa, Anda sendiri harus saleh agar mendaptkan jodoh salehah dan meman harus wanita baik-baik, utamanya dalam hal agama.

wanita solehah

Dari Abu Hurairah – rhadiyallahu anhu – dari Nabi Muhammad SAW, beliau berkata: “Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, (atau) karena agamanya. Pilihlah yang beragama, maka kau akan beruntung, (jika tidak, semoga kau) menjadi miskin” (HR Bukhari-Muslim).

Hadist di atas memberikan gambaran bahwa kriteria tersempurna apabila seorang wanita adalah cermin yang taat pada agamanya. Semua itu terangkum dalam satu kalimat “Sholehah” maka bila hendak memilih seorang istri, utamakanlah yang paham akan dienul Islam, beramal di dalamnya dan cinta Islam di atas fikroh yang benar.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *