Doa Sapu Jagat

Posted on 23 views

doa sapu jagat

Doa Sapu Jagat adalah doa memohon kepada Allah SWT agar diberi keselamatan dan kebaikan di dunia dan di akhirat. Doa ini disebut sapu jagat karena mencakup seluruh keburuhan manusia di dunia dan akhirat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sapu jagat artinya “meliputi seluruhnya”.

Doa ini biasanya menjadi penutup doa panjang khotib Jumat dalam khotbahnya, juga dalam doa acara-acara yang ditutup dengan pembacaan doa.

Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat ini berasal dari Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 201.

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Robbana a’tina fid’dun yaa hasanah, wafil a’ khirotil hasanah, waqinaa azab’bannar

“Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka” (QS. Al-Baqarah:201).

Diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim dari Ibnu Abbas, katanya, “Suatu golongan dari kalangan Arab biasa datang ke tempat berwukuf lalu berdoa, ‘Ya Allah! Jadikanlah tahunku ini tahun hujan dan tahun kesuburan, serta tahun kasih sayang dan kebaikan,’ tanpa menyebut-nyebut soal akhirat walau sedikit pun.”

Allah pun menurunkan tentang mereka, “Di antara manusia ada yang mengatakan, ‘Ya Tuhan kami berilah kami (kebaikan) di dunia, tetapi tiadalah bagian di akhirat.’ (QS Al-Baqarah:200).

Setelah itu, datanglah golongan lain yakni orang-orang beriman yang memohon, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa neraka. Mereka itulah yang beroleh bagian dari apa yang mereka usahakan, dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya.’” (QS Al-Baqarah:201)

Dari Anas bin Malik, ia mengatakan,

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikian Doa Sapu Jagat yang harus senantiasa kita baca khususnya usai sholat fardu. Semoga Allah SWT memberikan kebaikan bagi kita di dunia dan di akhirat. Amin!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *