Makhluk yang Pertama Kali Allah Ciptakan: Pena atau Air?

Posted on 32 views
Makhluk yang Pertama Kali Allah Ciptakan: Pena atau Air?

Makhluk yang diciptakan Allah SWT pertama kali adalah pena (al-qalam). Hal itu disebutkan dalam hadits Nabi Saw riwayat Imam Ahmad dalam Musnad Ahmad.

”Makhluk yang pertama kali Allah ciptakan adalah pena. Lalu, Dia berkata kepada pena tersebut, ‘Tulislah.’ Maka, pada saat itu, berlakulah segala apa yang ditetapkan hingga akhir Kiamat.”

Syekh Mun’im Ibrahim dalam bukunya Ma Qabla Khalqi Adam dan Wafqat ma’a Abi Adam menyatakan, makhluk yang pertama kali diciptakan adalah pena.

Dari Ubadah bin As-Shamit, ia berkata, ”Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Awal makhluk yang Allah SWT ciptakan adalah pena. Lalu, Dia berkata kepada pena, ‘Tulislah.’ Pena berkata, ‘Apa yang aku tulis?’ Allah berkata, ‘Tulislah apa yang akan terjadi dan apa yang telah terjadi hingga hari Kiamat’.”

Namun, dalam hadits lain disebutkan, yang pertama kali Allah SWT ciptakan adalah air (al-ma), lalu ‘Arsy (singgasana)-Nya, lalu al-qalam (pena catatan taqdir), lalu langit dan bumi dan segala isinya termasuk manusia.

Imran bin Hushain r.a. berkata, Rasulullah Saw bersabda:

كَانَ اللَّهُ وَلَمْ يَكُنْ شَيْءٌ غَيْرُهُ، وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى المَاءِ، وَكَتَبَ فِي الذِّكْرِ كُلَّ شَيْءٍ، وَخَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ

“Allah dahulu, tidak ada sesuatupun selain-Nya. Arsy-Nya di atas air. Lalu Allah menulis (taqdir) segala sesuatu di Adz-Dzikr (lembaran catatan taqdir), kemudian Allah menciptakan langit dan bumi.” [HR. Al-Bukhari].

Hadits ini menunjukkan, bahwa air merupakan makhluk pertama yang diciptakan oleh Allah SWT.

Setelah menciptakan air, baru Allah menciptakan Arsy (singgasana)-Nya yang diletakkan di atas air. Setelah itu, baru Allah menciptakan Al-Qalam (pena taqdir) untuk menulis taqdir segala sesuatu. Setelah itu Allah menciptakan langit dan bumi.

Hadis ini juga menunjukkan, bahwa “pena taqdir” bukan makhluk pertama yang Allah ciptakan.

Adapun hadis yang berbunyi :

إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَمَ

“Sesungguhnya pertama kali yang Allah ciptakan adalah Al-Qalam (pena catatan taqdir).” [HR. Abu Dawud dan selainnya]

Maksud hadits ini ada dua kemungkinan:

  1. Pena pertama kali diciptakan setelah air dan Arsy. 
  2. Dilihat dari sisi apa yang akan ditulis oleh pena taqdir tentang makhluk pertama yang akan Allah ciptakan. 

Dengan demikian, terjadilah kompromi antara hadis ini dengan hadis sebelumnya. Wallahu a’lam bish-shawabi.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *